Rabu, 25 Januari 2017

Aplikasi Online pada Internet


Aplikasi Online pada Internet
1. E-Mail (Elektronik Mail)
Electronic Mail (email) yang berarti surat elektronik berfungsi untuk mengirim surat. Menurut sejarahnya layanan ini adalah layanan internet pertama di dunia. Bahkan email tercipta sebelum internet diciptakan. Dengan adanya layanan E-Mail orangorang dimudahkan dalam mengirim surat. Contoh layanan email adalah Yahoo, Gmail, dll.
Kelebihan:
a. Informasi lebih cepat diterima.
b. Biaya relative murah dibandingkan melalui jasa pos.
c. Dapat membalas email dengan cepat.
d. Dapat mengirim gambar/video dengan mudah.
e. Dokumen yang diterima dapat langsung disimpan dalam bentuk softcopy.
Kekurangan:
a. Hanya bisa diakses oleh orang yang mepunya fasilitas internet
b. Dokumen bisa hilang atau rusak terkena virus.

2. IRC (Internet Relay Chat)
IRC biasa disebut “chat” adalah sebuah bentuk komunikasi di internet yang menggunakan sarana baris-baris tulisan yang diketikan melalui keyboard. IRC berfungsi sebagai sarana untuk melakukan percakapan di internet. Istilah bercakap-cakap di internet adalah chatting. Cara kerja chatting yaitu dengan kita mengetik apa saja yang ingin kita katakan dengan teman chatting kita dalam bentuk teks. Dengan chatting kita dapat bercakap-cakap dengan semua orang di seluruh dunia. Saat ini chatting sudah merebak dengan diikuti gaya bahasa tersendiri untuk berkomunikasi. Orang yang melakukan chatting disebut chatter. Untuk dapat chatting maka diperlukan koneksi internet dan ditambah program chatting. Beberapa program chatting diantaranya Mirc, Pirch,Virc, Yahoo Messenger, dan sebagainya.
Kelebihan:
a. Sarana mudah dan murah
b. sarana belajar dan diskusi
c. mendapatkan teman baru
Kekurangan:
a. Terkena virus
b. Maniak chatting

3. Instagram
Pada zaman era modern seperti ini banyak sekali pengguna smartphone yang tidak mengenal umur dan smartphone bersaing untuk menyediakan kamera yang sangat bagus kualitasnya sehingga pada aplikasi instagram adalah tempat untuk menempatkan hasil foto maupun video pengguna bahkan dari video yang sangat menarik bisa menghasilkan uang jadi kegiatan ini bisa menghasilkan kemudian instagram pun tidak berhenti pada kondisi terbaiknya bahkan selalu ditambahkan fiturnya sehingga memudahkan pengguna dalam penggunaannya dan semakin menarik sehingga pengguna tidak bosan.
Kelebihan:
a. Sebagai media promosi suatu produk
b. Buka lapak dengan bebas.
c. Menambah pengetahuan.
d. Sebagai media pembelajaran.
e. Teman saat bosan.
Kekurangan:
a. Bebas mengunggah foto bahkan yang tidak seharusnya terlihat.
b. Mebutuhkan koneksi dan kuota internet yang besar.
4. YouTube
YouTube merupakan salah satu penyedia layanan video terbesar saat ini, YouTube juga media untuk upload secara gratis. Para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis, YouTube juga sangat cocok bagi kita yang ingin mencari informasi tanpa harus membaca artikel, Umumnya video-video di YouTube adalah klip video klipAcara TV, Film serta video buatan para penggunanya sendiri. Dan perlu di ingat, video yang ditampilkan pada umumnya hanya untuk dilihat melalui browser, tidak untuk di download dan dilihat secara offline. Namun pada 9 Oktober 2006 diumumkan bahwa YouTube telah dibeli Google dengan harga US$1,65 miliar, mungkin karena Youtubemerupakan situs yang paling banyak dikunjungi kedua di dunia, dan pasti ini sangat menguntungkan bagi Google. Karena terlalu bisa diakses dan mengakses terlalu bebas, di beberapa negara seperti cina dan turki, oleh pihak berkuasa, facilitas YouTube tidak bisa diakses. Upload bebas video dengan YouTube kadang bisa menimbulkan akibat fatal ketika kita lupa upload atau tidak sengaja terupload.
Kelebihan:
a. dapat menghasilkan uang
b. sebagai media promosi dan periklanan
c. dapat mempelajari sesuatu hanya dengan menonton videonya
d. dapat mengupload video yang disukai
e. memperkenalkan diri agar bisa terkenal
f. media informasi dunia
Kekurangan:
a. membutuhkan koneksi internet dan kuota yang sangat besar
b. banyak video yang tidak berguna
c. banyak Negara yang memblokir situs ini
d. dapat disalahgunakan penggunanya
5. SmallPDF
Crafted in Switzerland, the land of watches, banks and clean design, we focus on our three main motivations: reliability, security and simplicity.
We are a small team from a small country with big ambitions. We combined our individual talents in coding, design, business and marketing to make the perfect team. With just four people and zero investment we made a company that has become one of the 1700 most visited websites on the Internet. Pretty cool, right?
Tireless engineering efforts keep our many servers happily running to serve millions of users per month. And since we have translated our apps into 17 languages, we have users from every country on the planet.
We found most other PDF software is complex and difficult to use. So, we took on this problem head on and reduced all functionality to a minimum and focused solely on user experience. Besides, we also made it really pretty to look at.
We believe simple software solutions should be made affordable. So, that’s why our service is free to use twice per hour. Our Pro service offers users an unlimited experience at an affordable price and includes a lot of extra features including Connected Functions and Multiple File Processing. We love how so many users support us every day by promoting our apps on social media and we're grateful to you all for your continued support!
Kelebihan:
a. dapat mengubah berbagai jenis file
b. prosesnya cepat
c. sangat mudah digunakan
kekurangan:
a. hanya dapat memproses 2/3 file per 2 jam











Referensi:
http://www.pintarkomputer.com/macam-macam-layanan-internet-beserta-penjelasan-dan-fungsinya
http://kingpromosi.com/all-tips/kelebihan-dan-kekurangan-instagram-sebagai-media-online-shop
http://www.kompasiana.com/leonmark/kelebihan-dan-kekurangan-instagram_55eda3fad49273840fc2d6e0
http://www.harsacollection.com/2016/03/pengertian-youtube-dan-berbisnis.html


EmoticonEmoticon